Saturday, September 29, 2007

(4) Menu pada Template dan Postingan Produk

Bagian 4 dari Seri "Memanfaatkan Web (Blog) Gratisan sebagai Toko Online".
Baca dulu bagian 1, bagian 2, dan bagian 3.

Menu-menu wajib pada sebuah toko online biasanya:
- Halaman Utama. Di situ bisa juga langsung terdisplay profil usaha atau layanan yang disediakan.
- Produk. Berupa seluruh produk dan kategori.
- Cara pemesanan atau pembelian.
- Halaman Kontak dan Pemesanan. Ini bisa dipisah, bisa juga sendiri-sendiri
- Menu lain sesuai kebutuhan (misal: FAQ, Testimonial, Artikel pendukung, dsb).


Halaman Utama dan Profil/Layanan.
Jelaskan bentuk usaha Anda, service atau layanan yang Anda berikan, dan produk apa saja yang Anda jual. Penjelasan selengkap mungkin, dan semeyakinkan mungkin. Kesan pertama ini sangat penting bagi pembaca.

Halaman Produk.
Anda bisa memasukkan produk-produk dalam postingan. Jangan lupa beri kategori produk untuk memudahkan pengunjung melakukan pencarian.
Dalam setiap postingan produk, gambar wajib disertakan. Anda bisa menambahkan lebih dari 1 gambar (misal tampak depan, belakang, detail bagian tertentu, dll) yang tentunya bisa memberi informasi yg lebih baik untuk calon pembeli.
Berikan pula keterangan ttg produk itu, misal bahannya terbuat dari apa, warna yang tersedia, ukuran, dll.

Cara Pemesanan atau Pembelian.
Buat sebuah halaman yang menjelaskan tentang bagaimana prosedur cara order/pesan/pembelian. Apa saja yang harus dilakukan pembeli, apakah harus melalui SMS/Telp/Email misalnya. Apakah ada minimal pemesanan, wilayah jangkauan pengiriman, ongkos kirim, No Rekening, dan segala hal yang berkaitan dengan pembelian.

Halaman Pemesanan atau Kontak.
Jika pemesanan bisa dilakukan melalui web tersebut secara langsung, sediakan 1 halam untuk pemesanan. Jika tidak, halaman tsb bisa berfungsi sebagai halaman kontak (Contact Us). Anda bisa menjadikan satu kedua halaman ini, tapi bisa juga sendiri-sendiri.
Di halaman kontak tersebut, cantumkan juga nama lengkap Anda atau bagian penjualan yang harus dihubungi, nomor telepon/HP, email, YM, dan sebaiknya alamat lokasi toko Anda juga disertakan.

Menu Lain
Anda bisa membuat menu lain seperti FAQ atau pertanyaan2 yang mungkin akan sering ditanyakan calon pembeli, Testimonial, Artikel Pendukung, Halaman Promo, dan lain-lain.


---
CATATAN:
# Pada dasarnya, semua menu tersebut isinya adalah berupa POSTINGAN. Jadi buat postingan-postingan yang isinya nanti digunakan untuk isi halaman2 di atas.
# Anda harus mengarahkan link ke postingan.
# Untuk blogspot, berikan label pada produk saja, agar yang masuk kategori produk nanti produk2nya saja.
# Sudah tahu kan bahwa kita bisa memanipulasi tanggal postingan di Post Option (Blogger), jadi setting semua postingan untuk halaman di bulan ke belakang (misal Januari). Agar produk2 lah yang akan muncul di halaman depan. Jika ingin menambahkan halaman di kemudian hari juga seperti itu, setting/buatlah di bulan Januari (misal).

Untuk lebih jelasnya tentang pengaturan layoutnya, beberapa contoh kerangka rancangan letak-letak menu ada di blog2 contoh ini.
# Contoh Toko Online 1 (menggunakan blogger).
# Contoh 2 (hanya web untuk display produk saja, dgn wordpress dan freehosting).
# Contoh Toko Online 3 (menyusul, menggunakan wordpress dan free hosting).

Bagi yg ingin menggunakan new Blogger, bisa lihat template yang rapi yg saya gunakan untuk contoh, dari sini atau sini.
Tinggal ganti saja warna dan gambar headernya sesuai toko online Anda.