Wednesday, April 11, 2007

Web Hosting Gratis

Banyak sekali layanan web hosting gratis yang ada di Internet. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Saya sendiri sering isenk bikin account, biar tau kekurangan dan kelebihan masing2 layanan.
Berikut ini saya akan sharing beberapa web hosting gratis yang telah saya coba dan lumayan nyaman untuk digunakan. Setidaknya buat coba-coba bagi yang ingin ngerti tentang manajemen hosting sederhana, misalnya bagaimana memanage file/folder dan database-nya.

1. www.awardspace.com
Cukup bagus, tapi kadang suka down sebentar databasenya. Support PHP-MySQL. Bahkan ada menu domain manager, jadi kalo punya domain sendiri, kita bisa pake domain itu. Kelebihan lain, gak ada banner atau pop-up! Trus dalam 1 account, kita bisa bikin sampai 5 subdomain. Untuk upload file, bisa dengan bantuan FTP atau File Manager.

2. www.byethost.com
Hampir sama seperti di atas. Support PHP-MySQL, ada domain manager, tanpa banner dan pop-up, bisa bikin beberapa subdomain. Keunggulan: ada menu autoinstall untuk wordpress dan beberapa engine lain. Jadi tidak perlu menggunakan FTP ataupun File Manager untuk upload software wordpressnya. Cocok banget untuk yang gak ngerti atau males upload2 :D

3. www.orgfree.com
Support PHP-MySQL juga, jadi bisa install wordpress. Tapi sayangnya ada banner dan pop up, jadi agak mengganggu. Sepertinya bisa dihilangkan, tapi saya blom nyoba :p

4. www.ifastnet.com
Hampir sama dengan byethost.com, ada menu autoinstall.

5. Google Pages (http://pages.google.com)
Tentu harus punya account google/gmail dulu. Tidak support PHP/MySQL, hanya bisa buat bikin web statis aja. Saya biasa pakai ini untuk upload/menyimpan file2 saja, karena fasilitas penyimpanan filenya lumayan praktis hanya dengan sekali klik (di bagian sebelah kanan setelah login). Kapasitas penyimpanannya: 100MB.


Jika anda ingin mencoba punya website yang lebih profesional (misalnya pakai wordpress seperti blog saya), biar bisa memanage seluruhnya sendiri, tapi masih ragu karena merasa belum ngerti kayak gimana hosting itu, salah satu caranya bisa coba2 di web-web di atas yg support PHP-MySQL. Trial & Error sendiri aja, namanya juga coba2, salah kan gak masalah ;)

Kalau ingin lebih dari sekadar coba2, yaitu tetap menggunakan web hosting gratis itu sebagai hosting blog wordpress anda nantinya, ya nggak masalah. TAPI jangan lupa untuk rajin melakukan back up database-nya (di wordpress ada menu Import, atau bisa pakai plugin). Karena namanya juga gratisan, bisa saja sewaktu-waktu nanti terjadi apa2 (gak aktif misalnya).

---
Masih pengen ngerti lebih jelas seputar web hosting? Apa itu domain? Bagaimana cara upload file ke server pakai file manager dan pakai FTP? Bagaimana install wordpress di web hosting pribadi?
Intinya, bagaimana cara bikin blog yang lebih profesional (karena dikelola sendiri dr awal) dan pake hosting (berbayar) sendiri? (Bukannya hosting berbayar sendiri mahal?) Sekarang ini biayanya relatif terjangkau. Rata-rata hanya menghabiskan 150-200an ribu SETAHUN. Catet: setahun untuk domain pribadi dan hosting! Jadi cukup terjangkau untuk memaksimalkan website kan? ;)

Anda bisa dapatkan buku saya selanjutnya, yang bisa menjawab pertanyaan2 di atas. Terbit sekitar April-Mei 2007 ini.
Kalau sampe akhir Mei di beberapa kota belum ada, nanti bisa hubungi saya :)
*promosi nih hehe...*