Monday, April 30, 2007

Buku Wordpress untuk Pemula

Buku saya yang kedua telah terbit. Penjelasannya ada di sini atau sini.

Buku wordpress ini menjelaskan langkah demi langkah yang harus dilakukan untuk membuat sebuah blog berbasis Wordpress, tentang cara instalasi di lokal maupun online, cara pengelolaannya, hingga penggantian template dan penambahan plugin. Juga hal-hal yang terkait, seperti domain dan web hosting. Selain itu juga disisipkan informasi-informasi singkat yang perlu untuk diperhatikan.

Buku ini ruanglingkupnya untuk pemula.
Jadi sampai penambahan plugin sederhana dan penggantian template. Gak bahas tentang modifikasi template (tapi diulas sedikit), karena kalo itu dibahas maka harus bahas juga ttg dasar HTML dan CSS, bisa bikin 1 buku sendiri tuh :) Tapi kalo memang dalam perkembangannya nanti ada pembaca yg nanya2 soal ubah2 template, bisa sampein ke emailku.

Tak ada gading yang tak retak :) Kalo di bukuku ada kekurangan silakan sampaikan aja, juga solusinya.
Mungkin ke depan banyak buku serupa yang mengklaim buku tsb lengkap. Saya tidak mengklaim buku saya ini lengkap dan bahas tuntas ttg wordpress. Tapi saya juga gak akan membanding-bandingkan dengan buku sejenis karya penulis lain. Hanya pembaca kan yg bisa menilainya ;)

Jika sudah pernah membaca buku pertama saya, gaya penulisannya gak jauh beda. Mudah cukup mudah dimengerti pemula.

OK kritik dan saran sampaikan saya via email faniez[at]gmail[dot]com .