Tuesday, July 31, 2007

Tukeran Link Saja Tidak Cukup

Maaf baru sempat update :D Lagi bingung juga mo bahas apa, jadi kalo mo request bahasan silakan komen2 aja ya :D (tentunya hal2 di luar yg sudah dibahas di buku-buku saya :p)

Ini sedikit cerita dan tips (mungkin), buat yang merasa peringkat blognya gak naik2 :)

Sudah tidak asing lagi kan dengan istilah 'tukeran link? Ya, intinya ngajak saling me-link blog satu sama lain.

Tujuannya? Ada yang karena pengen mempermudah silaturahmi (biar gampang tinggal klik kalo mo berkunjung lagi), tapi ada juga yang hanya biar peringkat blognya naik karena banyak di link oleh blog lain, dsb.

Untuk tujuan yang kedua yaitu meningkatkan peringkat doank, saya agak prihatin. Kenapa?

Sebenarnya -menurut pengalaman dan pengamatan saya- tukeran link saja tidak cukup untuk meningkatkan peringkat (seperti pagerank google) di mata mesin pencari. Memang tukeran link adalah salah satu pendukungnya.
Tapi yang pertama dan lebih penting adalah content dari blog itu sendiri. Content yang unik (original) bukan copy-paste, bisa jg yang bermanfaat dan banyak dicari orang (informatif).

Kalo soal content yang informatif (misal situs berita, situs tutorial), ini biasa pengunjungnya memang banyak, orang yang berkunjung pasti mencari info terbaru. Selain itu, blog2 lain juga akan dengan sukarela melink ke situ.

Soal content yang original, ini nih yang banyak terjadi belakangan. Banyak sekali blogger yang ngajak tukeran link, setelah saya liat isi blognya hanya copy-paste dari blog lain meskipun sudah mencantumkan link sumbernya. Ya tidak salah sih kalo sudah mencantumkan link, tapi itu berarti isi blognya kan gak unik, gak original. Biasanya yang melakukan itu adalah blogger2 yang blognya bertujuan buat ditarohin iklan. Niat hatinya pasti donk biar blognya dapet peringkat bagus karena di link, tapi kenyataannya berbulan2 pagerank-nya tetap 0 (nol) kan? :)

Coba perhatikan blog teman2 blogger yang isi blognya biasa aja, hanya seputar keseharian mereka, tapi kok ada yang pagerank nya bisa 3-4??
Ya itu tadi, karena isi blog mereka original. Mereka menulis pemikiran dan cerita mereka sendiri. Ada juga sih yang hanya pagerank 1-2, tapi setidaknya bukan 0 atau unranked kan, dan itu masih bisa naik jika blog mereka sudah populer :)

Blog ini, pageranknya langsung 3 setelah kurang dari 4 bulan dibuat. Isinya mungkin gak jauh beda sama blog tutorial lain, tapi original, mikir dan nyoba sendiri, bikin capture2 sendiri, trus gak ikut2an blog sejenis lain (misal blog tutorial A lagi bahas ttg X, blog ini gak langsung ikut2an bahas X juga).
Karena blog ini pembacanya sudah ditargetkan (pemula), jadi isinya juga gak akan saya bahas istilah2 yang tingkat tinggi, cukup dengan cerita seperti ini untuk pemahaman awal.

OK, coba deh, buat yang blognya masih baru dan langsung dipasangin iklan serta isinya copy-paste, apa sudah ada yang bisa menghasilkan banyak dolar??
Kalo cara2 yang dilakukan 'legal', saya bisa jamin jawabannya: tidak bisa.
Hehe saya sendiri sudah pernah mencoba, dan selama 6 bulan (bahkan sampe skrg) pagerank-nya: unranked :)

Jadi, cobalah bikin content sendiri. Ide boleh sama, tapi kemasan harus beda donk..

So, apa yang harus dilakukan??

Kembalikan dulu ke tujuan ngeblog. Kalo pengen langsung dapet dolar dalam waktu singkat, ya silakan bermimpi dulu :) Hehehe becanda..
Tulis saja hal-hal yang benar2 kamu mengerti. Kuliah di jurusan bahasa? Tulis ttg bahasa, bikin cerpen2. Kuliah di jurusan kedokteran? Bisa menulis tentang kesehatan. Kerja di bidang IT? Tulis sharing pengalaman kerjaan kamu. Suka masak dan kuliner? Coba aja share resep2 yang kamu tahu, atau cerita tempat2 makan yang pernah kamu coba.
Banyaaak banget tulisan original yang seharusnya bisa dibuat dari masing2 blogger, jadi kenapa harus copy-paste dan hanya tuker2an link doank untuk mendatangkan pengunjung?!

Tukeran link? Tetep dibutuhkan, tapi bukan yang utama dan satu2nya. Coba deh bikin blog copy-paste dan dapetin banyak link balik, bandingkan sama blog yg original tapi link-nya lebih sedikit. Pasti akan lebih cepat terindex yang original.

Dan kalo pengen blognya dikunjungi, jangan hanya cuap2 atau ngabsen di shoutbox saja. Rasanya kurang personal dan sambil lewat saja. Cobalah untuk lebih saling mengenal, dengan saling berkomentar. Gak harus selalu sih, karena komentar itu juga gak sembarangan, kalo gak tau apa yang ditulis saya juga gak komentar biasanya :D Trus, cobalah menulis dengan gaya 'berkomunikasi'. Jangan jadikan seperti situs berita, tapi gimana caranya pembaca bisa ikut berkomentar di blog kamu.

Kalo pagerank-nya udah naik, punya banyak pengunjung, dapet link balik dari berbagai blog, baru deh bisa dipikirin buat migrasi ke bahasa inggris, atau nambahin iklan2nya, dll.... :)

Sebenernya banyak hal lainnya jg, tapi segini dulu deh. Kalo ada yg mo nambahin silakan aja.. :)

Tambahan: kalo kalian pake Firefox, dan pengen bisa liat pagerank suatu web dengan cepat, install aja extention search status (donwload di http://www.quirk.biz/searchstatus/). Jadi jika kita membuka suatu web, di pojok kanan bawah langsung tertera pagerank-nya.