Saturday, November 18, 2006

New Blogger Version

Mulai 10 November 2006, pengguna baru layanan Blogger sudah langsung menggunakan versi baru blogger beta. Cara registrasinya agak sedikit berbeda di awal, dibanding dengan menggunakan blogger versi lama.

Getting started with Blogger is as easy as ever: create a Google Account (or sign in with your Google Account if you already have one), give your blog a name, and choose a template for it.

Clarifying note: You can still create a new account on the old Blogger if you need to claim a mobile blog, join a team blog, or are using a language we haven’t added to the new version of Blogger.

Selain perbedaan login di awal, perbedaan lain dengan versi blogger lama antara lain adanya label (seperti kategori), dan juga perbedaan dalam utak-atik template-nya. Beberapa pengguna mengatakan bahwa di blogger beta lebih ribet, mungkin karena sudah terbiasa menggunakan versi lama. Padahal versi beta ini justru untuk mempermudah pengguna yang tidak mengerti ttg HTML loh. Tapi memang kode-kode di template-nya jauh berbeda dari versi lama. Di artikel2 selanjutnya nanti, akan coba saya bantu untuk memahami.

Jika anda sudah menggunakan blogger lama dan ingin mencoba yang baru, mungkin ada baiknya anda membuat account baru (register lagi) dulu untuk mencoba-coba. Jika cocok, baru silakan bermigrasi ke versi baru ini.

Selengkapnya (help) tentang Blogger Beta: